Kata Pengantar

Segala Puji hanya milik Allah Swt. Shalawat dan salam untuk Rasulullah Saw., keluarga, para sahabat serta mereka yang mengikutinya.

Fisika Teori adalah bidang abstrak dan elitis karena sampai hari ini di Indonesia, doktor dalam bidang ini baru lima belas orang. Ketika menjalani studi lanjut di kota Hiroshima dengan beasiswa dari pemerintah Jepang, penulis dapat berkonsentrasi penuh tanpa gangguan berarti dalam riset fisika teori yang penulis minati. Tetapi konsentrasi tersebut terpecah oleh beberapa faktor baik faktor agama, sosial, ekonomi, dan politik ketika kembali ke tanah air. Setiap kali penulis berusaha mencoba konsentrasi riset fisika teori selalu saja muncul pertanyaan-pertanyaan mengusik terkait dengan kondisi umat atau masyarakat yang di dalamnya penulis berada.

Kerja dakwah merupakan aktivitas yang melekat pada penulis sejak di bangku sekolah menengah atas awal tahun 1980-an sampai sekarang. Ketika hadir di berbagai forum pengajian dan pelatihan guru-guru fisika, penulis hampir selalu ditanya tentang kaitan antara teks-teks ayat suci Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan khususnya fisika. Ada perasaan bersalah ketika penulis mengabaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut lantaran konsentrasi riset. Apa peran penulis dengan ilmu yang penulis geluti pada persoalan -persoalan umat yang umumnya masih di sekitar perut dan pertanyaan-pertanyaan sangat sederhana?

Buku ini merupakan jawaban atas kegelisahan tersebut sekaligus sebagai kontribusi dan tanggung jawab penulis sebagai akademisi Muslim kepada umat lebih luas. Karena itu, semoga  dengan terbitnya buku ini pertanyaan umat tentang kaitan antara ayat-ayat Al-Qur’an dan ilmu serta wacana sains Islam terjawab. Singkat kata, semoga buku ini mampu membangkitkan kesadaran umat lebih luas bahwa sainsmerupakan bagian terpadu dari Islam yang tidak patut diabaikan. Selanjutnya umat berbondong-bondong mempelajari dan mengembangkan sains karena kebangkitan umat Islam meniscayakan penguasaan atasnya. Penulis secara pribadi berharap dapat semakin mantap mengembangkan fisika teori setelah mendapat basis pijakan nash-nash dari Kitab Suci seperti tertuang dalam buku ini.

Dengan terbitnya  buku ini, ungkapan terima kasih yang tulus penulis sampaikan kepada Muhammad Ali Safaat dan Intan Fatimah Hizbullah, mahasiswa bimbingan penulis di Laboratorium Fisika Teori dan Filsafat Alam (LaFTiFA) ITS, yang terlibat dan membantu pelacakan ayat-ayat kauniyah. Juga kepada Drs. Syamsul Hidayat, M.Ag., teman main waktu kecil yang sekarang Mudir Ma’had Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menjadi teman diskusi siang dan malam via handphone di sekitar rujukan dan makna-makna teks Arab klasik.

Akhirnya, penulis juga harus menyampaikan  rasa terima kasih dan permohonan maaf kepada belahan hati Hanifah yang waktunya banyak tersita selama penulisan buku ini. Semoga Allah menerima amal kita sebagai amal saleh yang memberatkan timbangan kebaikan kita kelak di hari perhitungan serta membalas dengan rahmat dan karunia yang besar. Amin.

Surabaya,

Dzulhijjah 1428 H/ Desember 2007

2 responses

27 06 2008
Chandra Eko WU., S.Si

Ass.wr.wb.
Saya juga seorang alumni fisika dan sekarang lagi membutuhkan referensi buku tentang semesta alam. Hal yang sama juga saya alami tentang manfaat nyata yang bisa kita terapkan pada ummat terkait dengan keilmuan kita. Hanya saja, buku tersebut kok masih belum terlihatnya di Jember.
Mohon bantuannya tuk segera didistribusikan. Terima kasih.
Wass.wr.wb.

Chandra Eko-PC Pemuda Muhammadiyah Wuluhan, Jember.


Jawab:

Waalaikumsalam wr. wb.
Buku AAS sudah ada di T.B. Gramedia.
Bedah buku AAS di Jember akan diadakan tanggal 15 Juli 2008 di Univ. Muhammadiyah Jember. Untuk informasi lengkap, Saudara bisa menghubungi panitia bedah buku di sana.

7 12 2009
yusuf sobary

AKU SUKA AGAMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: