AAS ke-72 dalam: ”Seminar Sains Nasional: Menuju Integrasi Sains dan Islam”

6 12 2010

Jurusan Fisika FMIPA
Universitas Lambungmangkurat
Banjarbaru, Kalimantan Selatan
Sabtu, 20 Nopember 2010
Tempat: Aula Dewan Pimpinan Rakyat Daerah Banjarbaru

Jam 09.05
Acara dihadiri sekitar 120 peserta, dan diliput TVRI.
Pembukaan dengan Ummul Kitab
Sambutan
1. Ketua Panitia, Bagus Prasetyo
2. Rektor Unlam, Prof.Dr.H. Muhammad Ruslan.
Rektor menyambut baik upaya mahasiswa menyelenggarakan seminar ini terlebih dengan tema integrasi sains dan Islam. Kegiatan ini merupakan bagian dari Kegiatan Program Minat dan Bakat yang sebelumnya hanya semarak di bidang seni dan olahraga. Tema integrasi sains dan Islam harus diangkat, terlebih dengan maraknya bencana saat ini. Semua ini untuk menyadarkan kita bahwa sejak awal kitab suci mengingatkan kita untuk memahami alam dalam kerangka kehendak-Nya.

Manusia harus menjaga hubungan baik dengan
i. Allah, yakni dengan agama
ii. Sesama manusia, yakni dengan akhlak
iii. Alam, yakni dengan ilmu
agar tentram dan terhindar dari bencana. Doa bagai variabel dummy dalam regresi linier, ia harus ada meski tersembunyi. Misal, masalah musim kemarau harus dicarikan solusinya secara ilmiah tetapi kita juga harus berdoa di dalamnya.

Jam 09.30
Seminar dipandu oleh Ahmad Jauhar Fuadi mahasiswa fisika Unlam.2007 Narasumber pertama Bp Iwan Noviani, ST dari Telkom Banjarmasin. Bahas sumber daya insani untuk sains dan teknologi. Beliau tekankan pentingnya upaya masif eskalatif untuk peningkatan sumber daya dan kemampuan dalam sains dan teknologi.

Jam 10.00
Presentasi AAS selesai 11.45

Pertanyaan:
1. mohon diperjelas maksud upaya masif dan eskalasi
2. no science no future, betapa indahnya ungakapan ini bagi kami dari mipa. Tetapi saya yang mau lulus mengapa justru merasa sebaliknya, saya bagai tak punya masa depan. Bagaimana menyikapinya?
3. bagaimana agar nuklir tidak disalah gunakan?
4. ilmuwan itu seharii-nya di lab. Bagaimana agar seperti ilmuwan muslim terdahulu, ilmuwan, sufi, filsuf dan pujangga dalam satu pribadi?
5. bagaimana tafsir surat Yusuf 4, sebelas bintang, matahari dan bulan bersujud kepada nabi Yusuf as.
6. mohon jelaskan bagaimana penciptaan jagat raya dalam 6 masa, sebelum saya beli buku AAS.
7. mohon dijelaskan efek tutup teliga dalam kisah ashabul kahfi.
8. mohon dijelaskan lagi jalan ilmu agak spesifik dan mungkin teknis khususnya untuk para mahasiswa.
9. kok scientist kita scientist muslim kalah dari scientist Eropa. Mengapa dan harus bagaimana?
10. bagaimana proses penciptaan mahkluk hidup awal?
11. Ada orang yang mendekatkan diri pada Tuhan melalui jalan ilmu bukan jalan agama. Bagaimana hal ini?
12. Stephen Hawking berubah pikiran menjadi mengabaikan Tuhan dalam gagasan penciptaan jagat raya. Bagaimana kita menyikapi?
13. bagaimana menjelaskan peristiwa luar biasa seperti mahluk hidup jatuh dari langit?
14. ilmuwan muslim klasik berjaya tetapi sekarang tertinggal jauh. Bagaimana agar eksis (kembali).

Jawaban:
1. dalam jumlah besar dan dipercepat, misalkan pemberian beasiswa bagi mahasiswa FMIPA agar lebih banyak yang mempelajari sains dasar
2. pelajari subyek dengan serius, dan jangan lupa tahajjud, insya Allah posisi anda di masa depan akan kokoh. Dalam lingkup komunitas bangsa, bangsa kita akan terus dalam kebergantungan jika tidak menguasai sains fundamental. Akan mangulang sejarah Arab saudi dan Turki yang mau mengembangkan teknologi tinggi tapi gak punya ilmuwan sendiri dan melibatkan ilmuwan asing dari Rusia. Saudi dan Turki bisa mengembangkan
teknologi tapi hanya sampai kualitas menengah karena ilmuwan Rusia tidak berkenan membantu sampai taraf high level. Jadi umat islam harus berusaha sendiri, merebut bukan minta bantuan atau belas kasihan.
3. nuklir bergantung yang punya
4. amalkan ajarann praktis Islam tanpa banyak berdebat, semisal shalat tahajjud, puasa senin-kamis dan jangan berdusta meski dalam gurauan. Ulama dulu bahkan terus menjaga kesuciannya dengan terus punya wudhu. Mumpung masih muda coba shalat tidak kurang dari 40 rakaat dalam sehari semalam. Semua amal tambahan itu lakukan tanpa menguragi jam belajar tetapi mengurangi jam tidur. Coba berlatih tidur hanya 6 jam sehari semalam, berikutnya 5 atau 4 jam saja.
5. bisa seperti tafsir konvensional bahwa ayah dau saudaraa nabi Yusuf sujud kepadanya, atau menjadi inspirasi untuk kajian benda langit bukan hanya sistem tata surya kita karena disebutkan bintang dan matahari. Ini misi sains islam ke depan
6. sebaiknya anda baca dulu buku AAS lalu kalau ada yang kurang paham silahkan tanya. Di situ sudah ada uraian cukup rinci. Insya Allah lebih rinci lagi di AAS jilid dua
7. maaf, saya juga belum tahu fenomenaa pengawetan seperti mumy dan ”manusia” yang disimpan di dalam es atau salju.
8. Belajar paling efektif untuk subyek eksakta adalah belajar secara motorik, yakni menuliskan rumusan matematis dari konsep yang sedang kita pelajari. Coba upayakan menulis 3 lembar bolak balik dalam sebari, bila sanggup diupayakan menjadi 5 lembar. Ini sesuai dengan pesan Arnold Sommerfeld kepada muridnya Werner Heisenberg,”Just do the exercices deligently then you’ll know what you heve understood and have not”.
Berlatihlah.
9. sejak 10 abad lalu, tepatnya sejak tahafut alfalasifah kita telah menjauhi logika dan filsafat; sedangkan ilmu pengetahuan bertumpu pada logika dan membutuhkan filsafat.
10. maaf, belum tahu
11. tidak apa, banyak jalan menuju Tuhan. Tetapi bahasa nromatif tentang Tuhan ada di agama.
12. Proses perkembangan jiwa yang wajar. Sepertinya Hawking capek dan frustasi dengan penyakit yang diidapnya. Hal ini mencuat karena Hawking adalah figur yang fenomenal, tetapi kita gak perlu heran. Biasaa saja lah.
13. menurut analisa, turunnya katak di dalam hujan tahun 1930an di Australia disebabkan adanya angin tornado yang membawa mahklukk seperti katak dan turun kembali berbarengan dengan hujan.
14. tidak ada sains gratis, semua harus diupayakan sendiri. Sekolah sampai S3 lalu postdoc dan baru pulang ke tanah air jika sudah mapan baik ilmu, finansial maupun jaringan. Di LN banyak kok dana yang bisa dimanfaatkan, tapi kita harus dikenal dulu.

Jam 14.30
Istirahat, fotoo tanda tangan buku AAS dan HIKARI, dan pembagian doorprize. Acara didukung oleh Intn’l Institute of Islamic Thoght, XL, Primagama, MaxBrain, Cerebrovit, Telkom, Mizan dan TVRI. Setiap peserta yang menjawab quiz harus meneriakkan jargon NO SCIENCE NO FUTURE terlebih dahulu. Jargon ini muncul di slide terakhir presentasi AAS dengan latar Einstein.

Jam 15.00
Moderator Bp Iwan Sugriwan, MSi. Presentasi pesanan panitia, Mesin Carnot Kuantum, tetapi ternyata peserta minta Masalah Abadi Hisab-Rukyat. Moderator minta terapan kuantum dalam mesin panas saja agar mahasiswa punya bayangan lebih baik tentang kuantum.

Pertanyaan:
1. kuantum yang dijelaskan tadi ada hubungannya dengan quantum ikhlas dan istilahh sejenis?
2. Mohon dijelaskan lagi, perbedaan mesin Carnot klasik dan yang kuantum. Saya masih gelap.
3. mengapa mekanika kuantum manjadi momok? Untuk apa mesin Carnot kuantum?
4. saya sudah dua kali ambil fisika kuantum, kesulitannya ada pada abstraksi. Kalau mekanika klasik kita bisa bayangkan dua balok yang diikat tali lalu dilewatkan katrol. Di dalam kuantum kita harus membayangkan apa?
5. bagaimana menghubungkan kuantum dengan cinta? Bagaimana agar saya menyintai kuantum?
6. apa ada hubungan antara psikologi dan mekanika kuantum?

Jawab:
1. saya belum pernah baca secara serius tentang quantum ikhlas, quantum teaching, quantum healing dan sejenisnya. Tapi kalau mendengan dari orang yang merasa paham tema begituan, sepertinya tidak ada hubungan kecuali kata kuantum itu telah menghipnotis dan kemudian dijadikan judul barang dagangan agar lebih laku. Selain itu, kuantum digunakan untuk menjelaskan suatu cara yang tidak lumrah lalu bersembunyi pada istilah kuantum.
2. termodinamika itu sains empirik, artinya teori diperoleh via eksperimen. Temperatur, tekanan dan volume suatu sistem diubahh, dicatat lalu dibuat grafik dan ternyata diperoleh pola yang dapat diungkapkan dalam rumusan matematik. Kita tidak tahu dan tidak peduli isi sistem itu apa. Di dalam mesin Carnot kuantum kita bahas perilaku penyusun sistem dalam hal ini partikelnya. Perilaku kuantum partikel penyusun kita uraikan dalam proses dinamika termal.
3. karena anda percaya omongan senior anda bahwa mekanika kuantum sulit. Coba anda tidak percaya cerita bahwa mekanika kuantum sulit, maka spirit dan sikap anda akan berbeda ketika menghadapi kuantum. Yang jelas, teori kuantum mempunyai matematika yang berbeda dari teori klasik yaitu hubungan nonkomutatif antara posisi dan momentum. Ini sedikit menyulitkan. Kedua, setelah diperoleh formulasi matematis orang harus memberi arti fisis. Ini juga tidak sederhana.
4. matematika dan fisika.
5. Cinta adalah konsep transenden yang bisa dirasakan setiap orang tetapi sulit didefinisikan dan barangkali tidak perlu didefinisikan tetapi harus dijalani dan sesekali diungkapkan. Cinta seringkali irasional. Kuantum sangat rasional dan menuntut kekuatan nalar dan logika yang kokoh. Agar anda menyintai kuantum
i. anda perlu melakukan transendensi atas teori kuantum. Dengan mempelajari kuantum sebenarnya anda sedang memahami jalan pikiran, kebijakan dan kehendak Tuhan pada ciptaan-Nya.
ii. Dengan anda mempelajari kuantum anda sedang menempuh jalan jalan sunyi, jalan para auliya dan para nabi. Artinya anda sedang menjadi manusia pilihan.
6. Menurut Demokritus, sedih dan gembira adalah peristiwa atomik, tergantung pada pola gerak dan interaksi antar atom. Karena tidak ada jiwa, dan yang ada hanya atomm dan ruang kosong. Ini hubungan positvistik antara jiwa dan tom, jiwa adalah kumpulan atom dan keadaan kejiwaan adalah interaksi antar atom. Dalam perspektif sains islam, mestinya harus ada hubungan antara jiwa dan atom, antara psikologi dan teori kuantum. Ini pekerjaan besar ilmuwan muslim ke depan. Tapi sebagai pendahuluan coba baca The Tao of Physics, The Dancing of Wu Li Master, New Physics and Mysticism.

Acara berakhir jam 16.45. Kehadiran Gus Pur untuk pertama kalinya di bumi Borneo ini ternyata sangat berkesan. Semoga AAS tumbuh subur di kota yang bakal menjadi ibukota propinsi Kalsel ini. Amin (a5F)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: