Bedah AAS di FMIPA UI

30 12 2008

Senin, 22 Desember 2008
Jam 13.00-16.00
di Ruang B101 FMIPA Universitas Indonesia

Pembahas AAS adalah Dr Terry Mart. Beliau sebenarnya di power pointnya yang sepuluh halaman akan sampaikan keistimewaan semut tetapi berhubung telah dibahas oleh Gus Pur maka beliau bahas hal lainnya. Pak Terry yang juga sejawat Gus Pur di komunitas fisika teori Indonesia juga menghimbau agar anakk muda islam berbondongg memasuki dan menguasai sains serta menulis di jurnall ilmiah internasional.
Beliau bercerita pengalamannya berkalii ke luar negeri. Bukan hanya barang atau produk yang membawa tanda sepeti dalam buku AAS tetapi juga manusia. Orang Indonesia seolahh identik dengan buruh miskin dan tenaga kasar, orang Islam identik dengan orang bodoh dan terbelakang. Sedangkan ilmuwan identik dengan orang sekuler bahkan abai terhadap agama.
Dr Terry juga tidak sepakat dengan sains islam karena satu tambah satu sama dengan dua berlaku untuk semua orang tanpa pandang apa agamanya. Abdus Salam dan Steven Weinberg yang mendapatkan hadiah nobel untuk teori yang sama tetap dalam keyakinannya masingg, Salam tetap dalam kemuslimannya sedangkan Weinberg tetap dalam ateismenya. Sains tidak meruntuhkan atau merubah keyakinan kedua orang tersebut.
Pak Terry juga membahas dimensi ekstra. Botol aqua yang dipegangnya dijadikan ilustrasi. Botol adalah ruang dua dimensi, untuk bergerak dari satu titik ke titik lain di permukaan belakang maka harus melintasi permukaan botol yang melengkung. Tetapi melalui dimensi ekstra yakni ruang di dalam botol perjalanan dari satu titik ke titik lain dapat menjadi lebih cepat yakni dengan menembus permukaan botol lalu melalui ruang dalam botol.
Bedah buku AAS di UI pada akhir tahun ini menyempurnakan perjalanan AAS di empat PTN besar, ITB, IPB, UGM dan UI selama tahun 2008. PTN lainnya adalah ITS dan Undip, dan satu UIN yaitu UIN Malang. PTS yang sempat dihadiri AAS adalah Universitas Muhammadiyah Gresik, Magelang, Jember, Malang dan Sidoarjo. Belum ada rencana AAS keluar Jawa?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: