Bedah Buku AAS di Pati

13 08 2008

Sabtu, 5 Juli 2008
Jam 22.00 s.d 01.00 dini hari 6 Juli 2008
di Pondok Pesantren Kulon Banon Kajen Pati

Santri dan asatidz dari 16 pesantren hadir di Ponpes Kulon Banon sejak isyak karena di undangan disebutkan acara dimulai ba’da shalat isyak. Penulis yang berangkat dari Gresik baru sampai di pondok menjelang jam 22.00. Acara pun segera dimulai begitu penulis masuk ruang diskusi di lantai 3. Tepat satu jam penulis presentasi, flu kambuh sehingga penulis berhenti presentasi dan dilanjutkan oleh pembahas Bp Suhadi, MSi. Kritik khas pesantren terhadap AAS pun meluncur dengan intensitas tinggi selama satu jam. Kritik berkisar pada tema islamisasi sains, metoda tafsir dan bahasa Arab. Penggunaan al-Qur’an terjemah depag juga sempat disoal.

Kang Johan dari Salman sebagai moderator memberi waktu penulis lima menit untuk menanggapi balik khusus pada kritik islamisasi sains. Setelah penulis selesai memberi tanggapan maka dilanjutkan pada sesi tanggapan peserta yang ternyata juga tidak kalah garangnya. Uniknya, ada santri yang menanggapi pembahas dengan menyatakan bahwa kita tidak harus terlalu terikat oleh batasan yang diberikan oleh para mufasirin masa lalu. Sebab bila itu yang terjadi maka kita akan mengalami stagnasi.

Diskusi berlangsung cukup seru dan bahkan panas tetapi mengingat malam telah larut sementara para santri besok tidak libur maka moderator menutup acara ketika jam mulai tunjuk pukul satu dini hari. Setelah itu, penulis menandatangi puluhan buku yang dibeli para santri dengan harga Rp 30 000,- Alumni Salman telah mensubsidi harga AAS untuk para santri ini. Selanjutnya, kami makan malam dan bincang dengan pemilik pondok Gus Nu’man sampai jam tiga dini hari.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: